Dikirimkan pada

benjolan di kelopak mata

Benjolan di kelopak mata sering kita jumpai atau bahkan kita alami.untuk mengetahuinya disini akan di bahas mengenai struktur pada kelopak mata terlebih dahulu. Kelopak mata dapat dibagi mejadi beberapa lapisan:

v  Lapisan luar/superficial:

  • Ø Kulit
  • Ø Kelenjar keringat
  • Ø Modifikasi kelenjar keringat (kelenjar Moll) dan kelenjar sebacea/minyak (kelenjar zeis)
  • Serabut otot lurik m.orbicularis oculi yang berfungsi untuk menutup mata, dipersarafi oleh n.VII
  • Serabut otot lurik m.levator palpebrae yang berfungsi untuk membuka mata, dipersarafi oleh n.III

v  Lapisan dalam:

  • Lempengan tarsal yang merupakan bagian yang keras dari kelopak mata dan berfungsi untuk mempertahankan bentuk kelopak mata
  • Otot polos m.tarsal yang merupakan serabut otot polos m.levator palpebrae yang melekat pada lempengan tarsal.berfungsi untuk membuka kelopak mata, dipersarafi oleh saraf simpatis.
  • Palpebra conjuctiva yang melekat erat pada lempengan tarsal. merupakan bagian yang berhubungan dengan bola mata dan berfungsi sebagai wiper untuk meratakan distribusi hasil sekeresi kelenjar-kelenjar yang ada pada kelopak mata.
  • Kelenjar meiboiman atau kelenjar tarsal yang menghasilkan sekret minyak/oily yang mencegah perlekatan antara kedua kelopak mata dan berfungsi untuk membentuk lapisan tear film yang mencegah air mata untuk berevaporasi.

 

Benjolan dapat terbentuk karena adanya sekret yang tertahan pada kelenjar tertentu tanpa disertai infeksi, infeksi pada satu atau lebih kelenjar, kelopak mata yang mengalami infeksi, ataupun keganasan.

Penyebab benjolan yang sering ditemui adalah hordeolum/stye atau dikenal sebagai bintitan. Hordeolum terjadi karena adanya infeksi bakteri pada satu atau lebih kelenjar kelopak mata, ditandai dengan terbentuknya abscess focal. Apabila banyak kelenjar kelopak mata yang terinfeksi pada waktu yang sama maka disebut hordeolosis. Jika mengenai kelenjar zeis dan moll maka disebut external hordeolum dan jika mengenai kelenjar meiboiman disebut internal hordeolum. Penyebab utamanya adalah bakteri staphylococcus aureus. Gejala yang muncul adalah adanya benjolan berwarna kemerahan pada kelopak mata, nyeri, hangat, bengkak.  Hordelum biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Pengobatannya dapat dilakukan dengan kompres air hangat selama 10 menit dilakukan sebanyak 4x sehari. Jika terdapat penyebaran infeksi ke conjungtica/blepharoconjunctivitis atau drainase lesi maka diberikan salep antibiotik. Jika terjadi penyebaran infeksi menjadi cellulitis preseptal maka diberikan antibiotik sistemik misalnya doxyxycline. Operasi berupa insisi dan drainase dilakukan jika hordeolum membesar dan refrakter terhadap pengobatan. Setelah operasi jaringan yang diambil dapat dilakukan pemeriksaan histopathology untuk menyingkirkan kondisi seperti basal cell carcinoma.

Hordeolum perlu dibedakan dengan chalazion. Keduanya sulit dibedakan apabila chalazion masih dalam fase akut. Chalazion terjadi karena sekret dari kelenjar meiboiman yang tidak bisa keluar dan merembes ke jaringan sekitarnya dan menyebabkan peradangan tanpa campur tangan infeksi. Chalazion akut menimbulkan nyeri sedangkan bentuk kronik tidak menimbulkan nyeri. Benjolan terbentuk secara perlahan dan seringkali tidak menimbulkan gejala. Chalazion sering membutuhkan pembedahan insisi.  Setelah insisi chalazion sering kambuh kembali. Chalazion perlu dibedakan dengan hordeolum dan adenocarcinoma.


Adenocarcinoma merupakan keganasan yang terjadi pada kelenjar. Dapat berasal dari kelenjar meiboiman maupun  Zeis. Benjolan yang keras,  tidak nyeri, membengkak, tidak terfiksasi pada kulit tetapi terfiksasi pada jaringan yang ada dibawahnya. Seringkali adenocarcinoma dianggap chalazion. Chalazion yang timbul kembali setelah insisi perlu dicurigai merupakan suatu adenocarcinoma.

 

Penyebab benjolan pada kelopak mata salah satunya disebabkan oleh infeksi. Hal ini bisa dicegah dengan higienitas pada kelopak mata. Cuci tangan sebelum memegang kelopak mat

Tentang kantongkeresek

seseorang yang sedang berjuang menyelesaikan studi kedokterannya di salah satu perguruan tinggi di kota Surakarta

23 responses to “benjolan di kelopak mata

  1. erisandi

    dokter saya eri wanita umur 21 tahun .pada kelopak mata sayaterdapat benjolan berwarna merah selama 1 bulan 2 minggu dan pada benjolan tersebut saya tidak mrasa nyeri ato gatel
    saya pengguna sofflent dan saya biasa memakai atao mnggunakan komputer selama 12 jam
    apakah ada pengaruhx terus untuk pengobatan seperti apa yg hrus saya jalanin y dokter

  2. kantongkeresek ⋅

    sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter mata. mungkin yang anda miliki adalah lesi yang tidak ganas seperti kalazion tetapi mungkin juga merupakan lesi yang ganas. pemeriksaan lebih seksama dibutuhkan untuk menegakan diagnosis.
    penggunaan contact lens yang tidak baik dapat menyebabkan perlukaan di sekitar mata, penggunaan yang tidak higienis dapat menyebabkan infeksi mata. menatap layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata kering, mata akan terlihat merah, mungkin akan muncul rasa gatal dan mata seperti terbakar. pakailah tetes mata untuk membasahi mata anda.

  3. andi nurhasan ⋅

    Nama saya Andi Nurhasan umur 30 tahun. Saya ingin menanyakan mengenai benjolan pada klopak mata yang ada pada anak saya.

    Anak saya saat ini berumur 20 bulan. Terdapat benjolan pada kedua klopak matanya. Akan tetapi benjolan tersebut sering muncul (terlihat) dan kadang tidak muncul.

    Apakan termasuk berbahaya / tidak ya dokter?
    Tindakan apa yang harus saya lakukan ?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan jawabannya.

    Regards // Andi

  4. kantongkeresek ⋅

    mungkin benjolan tersebut adalah hordeolum atau bintitan. hal ini disebabkan oleh karena adanya infeksi di muara kelenjar kelopak mata atau peradangan yang terjadi karena tersumbatnya muara kelenjar kelopak mata. benjolan bisa terdapat di bagian depan/luar atau belakang/dalam kelopak mata. hordeolum menimbulkan rasa tidak nya aman dan nyeri. hordeolum dapat sembuh dengan sendirinya. seseorang dapat mengalami hordeolum berulang jika faktor resiko tidak dihilangkan,biasanya disebabkan kotoran. maka cobalah untuk menjaga kebersihan kelopak mata anak bapak hindari dari kotoran termasuk debu, cuci tangan sebelum memegang anak kecil. jika terdapat hordeolum dapat dicoba dengan kompres air hangat sekitar 10 menit 2 atau 3 kali sehari. jika hordeolum tidak hilang dalam seminggu maka segera hubungi dokter. dokter mungkin akan memberikan obat tetes mata, salep mata, atau melakukan operasi kecil jika hordeolum sangat sering muncul dan dianggap mengganggu.

  5. gina ⋅

    Dokter, saya gina umur 19 tahun, di kelopak dalam mata saya ada benjolan bulat seperti batu, tidak sakit sih. Awalnya sekitar 10 bulan y lalu mata saya bengkak (kata orangtua sih bintitan) agak linu tp hanya beberapa hari lalu sembuh, setelah itu muncul benjolan tsb. Sampai skr blm saya periksa ke dokter krn saya rasa tdk sakit. Apakah benjolan tsb berbahaya dok? Thx :)

  6. kantongkeresek ⋅

    periksakan langsung ke dokter mata. mungkin benjolan itu adalah kalazion. yang disebabkan adanya sekret lemak yang tak bisa keluar.

  7. dokter, saya lutfi 18th.
    saya ingin menanyakan tentang benjolan pada mata saya,
    pada mulanya benjolan itu tumbuh, tp bebrapa hari kmudian hilang, tp hilangnya itu masih meninggalkan benjolan keras di mata saya,,
    dan penyakit itu sudah kurang lebih 7 bulan gak hilang hilang.

    apakah itu termasuk hordeulum ??
    dan ada gak obat alami untuk mengobatinya ?

    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Lutfi m

  8. @gina, saya budiyanto umur 21th, saya juga punya benjolan dimata kanan dan kiri sudah hampir 3blanan tidak hilang2. saya pegang terasa agak keras seperti kelereng. 2minggu yang lalu benjolan dimata kiri saya pecah saya bawa kedokter terus disaran kan untuk dioperasi takut kalau penyakit ini ganas, dan hari sabtu kemarin sudah di opersai sekarang tinggal buka jahitanya.

  9. kantongkeresek ⋅

    kemungkinan benjolannya adalah kalazion. periksakan ke dokter mata. mungkin dokter akan melakukan operasi kecil untuk mengangkat benjolan.

  10. anastasya ⋅

    dokter, saya anastasya. selama bebeapa hari ini di kelopak mata bagian dalam saya tumbuh benjolan. itu terjadi di kelopao mata kanan dan kiri, biasanya mengempis tp nanti tumbuh lg. kira2 itu apa ya dokter? berbahaya atau tdk? trus obatnya apa ya? hehe
    terimakasih dokter :D

  11. aan ⋅

    dok..di kedua mata saya ada benjolan kecil dibawah, pernah kedokter katanya mata saya infeksi kelenjar, kemudian diberi obat, akan tetapi setelah obatnya habis koq tidak membawa perubahan terhadap benjolan tersebut, sampai sekarang benjolan tersebut masih, apa yg harus saya lakukan dok??

  12. Dianah ⋅

    @diana.. saya punya keponakan dah hampir 2 bulan mengalami benjolan seperti itu benjolan ntu sllu berpindah dari kanan ke kiri mata. kadang benjolan itu pecah keluar darah dan nanah seperti orng bisul setalah ntu sllu berpindah ke mata sebelahny. klo gt knapa ya??

  13. apriliya kartini ⋅

    dokter saya mau nanya di kelopak sebelah mata kanan saya ada benjolan kecil2 tapi banyak,-+ ada 5,sudah saya periksakan k dokter dan dokter memberi saya obat tetes,dokter jg blg gni klau 1 mggu gk ada perubahan balik ksni oprasi,tpi mta saya kadang kmbuh kdang jg enggak,klo kambuh itu ketika saya cuapek langsung keluar benjolan kecil dan bernanah,mohon saran untuk saya ya dok.?terima kasih

  14. Nuriyati ⋅

    Permisi dok,
    Saya mau tanya.
    Mata saya yg sblh kiri di kelopaknya ada benjolan lembek gitu.
    Tapi ga sakit, ga gatel, dll.
    Terus saya cek ke dokter mata, katanya cuma tumpukan lemak aja dan di kasih salep cendo xitrol.
    Tapi udah saya pake, ga ada efeknya dok.
    Malah saya lihat makin besar dan terlihat.
    Saya bingung gimana hilanginnya dan apa penyebabnya.
    Rasanya mengganggu banget.
    Terima kasih sebelumnya dok.

  15. fenny

    dokter sya fenny berumur 21 thn sya ingin bertanya pada kelopak mata sya terdapat benjolan berwarna merah terasa gatal dan sering keluar kelenjar airmata sendiri,kadang terasa perih, bagaimana cara mengatasinya???

  16. asih ⋅

    dokter saya asih 21 thn..
    saya sudah beberapa x mengalami benjolan di mata.
    pertama saya mengalami benjolan dengan rasa nyeri..
    skrg ne yang sedang saya alami benjolan di kelopak mata tapi tidak berdenyut sudah hampir 1 minggu..
    mhon recomd tuk obatnya.agar benjolan nya segera kempes.
    mksih.

  17. riyan ⋅

    saya mau tanya,benjolan pada kelopak mata saya ini sudah ada 5,bagaimana y nyembuhinnya.,

  18. erni

    dokter.. saya erni 17 tahun
    sudah hampir dua bulan ada benjolan seperti jerawat di kelopak mata bagian dalam awal nya rasanya sakit tapi lama kelamaan sama sekali tidak terasa tapi mata saya sering tidak jelas kalau melihat. kira” itu kenapa ya dok?
    maksih :)

  19. Ciwa Ega

    sya mw tanya,,,dah seminggu dikelopak mata sya ada bnjolan merah,,,klo dipegang sprt kelereng tpi kecil,,klo dipencet sdkit nyeri,,,kira” berbahaya ga ya.

  20. kantongkeresek ⋅

    coba datang ke dokter mata.

  21. Ola

    Dokter, bolehkah wanita hamil melakukan operasi kalazion? Terima kasih mohon blsannya

  22. kantongkeresek ⋅

    boleh saja

  23. sudah hampir dua bulan ada benjolan seperti jerawat di kelopak mata bagian dalam awal nya rasanya sakit tapi lama kelamaan sama sekali tidak terasa tapi mata saya sering tidak jelas kalau melihat. kira” itu kenapa ya dok?
    maksih

Tinggalkan Balasan

