Mitosis

Mitosis

Sel dapat membelah. Pembelahan sel ada dua jenis mitosis dan meiosis. Pembelahan mitosis terjadi pada sel autosom (sel tubuh) sedangkan pembelahan meiosis terjadi pada sel gonosom (sel gonad/ germinativum, misalnya sel sperma dan sel ovum).

Sel mempunyai siklus hidup, yakni periode dari reproduksi sel sampai reproduksi sel berikutnya. Pembelahan mitosisi diselingi oleh suatu tahap yang disebut interfase, biasanya 95% dari siklus kehidupan sel dihabiskan di tahap ini. Waktu yang dibutuhkan sel untuk menempuh siklus hidupnya berbeda-beda, misalnya pada sel sumsum tulang belakang menempuh waktu 10 jam sedangkan sel saraf menempuh waktu seumur hidupnya.

Tahap pembelahan sel

  • Pembelahan sel diawali dengan replikasi/duplikasi DNA di dalam nukleus. Dibantu dengan enzim DNA polimerase yang akan membuka heliks DNA untuk kemudian dibentuk komplemen DNA nya dan enzim DNA ligase yang akan merekatkan nukleotida pada DNA dengan ikatan posfat berenergi tinggi. Terdapat selang waktu dari replikasi DNA ke tahap mitosis dan selang waktu itu digunakan enzim DNA polimerase dan DNA ligase untuk melakukan pengkoreksian terhadap nukleotida, nukleotida yang salah akan diputuskan dan diganti dengan yang baru ini dinamakan proofreading. Dengan proses tadi  kesalahan pada replikasi DNA dapat diminimalisir, namun jika terjadi maka akan terjadi mutasi, pembentukan protein abnormal yang tidak dibutuhkan. DNA yang telah berduplikasi tetap saling menempel dengan sentromer ditengahnya bentuk ini disebut kromatid. DNA dikemas oleh protein histon ( molekul-molekul kecil bermuatan elektron positif) yang akan menggulung DNA mengelilingi inti dari protein histon, hal ini menyebabkan DNA tidak akan berduplikasi lebih lanjut lagi dan DNA tidak dapat bertranskripsi membentuk RNA. Terdapat protein pengatur yang bisa merenggangkan gulungan DNA pada protein histon sehingga sewaktu-waktu dapat terjadi transkripsi. Selain protein histon terdapat juga protein non histon, protein ini berfungsi sebagai komponen struktural penyusun kromosom dan dalam hubungannya dengan mesin pengatur genetik, sebagai aktivator, inhibitor, dan enzim.
  • Peristiwa awal dalam pembelahan mitosis adalah profase, terjadi pembentukan gelendong dari sentriol dan pemadatan kromatin menjadi struktur yang lebih mantap yang dinamakan kromosom. (Sentriol terletak pada suatu tempat di sitoplasma, tepatnya di dekat salah satu kutub nukleus, sentriol juga bereplikasi segera sebelum replikasi DNA. Sepasang sentriol ini akan berpiasah akibat polimerasi protein mikrotubulus, masing-masing sentriol bergerak ke arah kutub yang berlawanan, selain itu mikrotubulus juga membentuk aster [seperti bintang berduri], ada aster yang menembus nukleus dan memisahkan set kromatid selama mitosis. Komplek mikrotubulus yang meluas diantara kedua sentriol disebut gelendong. Seluruh perangkat mikrotubulus dan kedua sentriol disebut aparatus mitosis).
  • Tahap selanjutnya adalah metafase. Pada tahap ini aster memecahkan pembungkus nukleus kemudian mengikat sepasang kromatid yang terdapat dalam satu kromosom pada sentromernya, selanjutnya aster menarik kromatid ke garis ekuatorial.
  • Tahap selanjutnya adalah anafase, disini aster akan memisahkan sepasang kromatid menjadi dua bagian yang bergerak ke kutub berlawanan. Tahap ini membuat 46 pasang kromosom terpisah menjadi 46 kromosom sel anak pada setiap kutub. Diduga proses ini melibatkan filamin aktin dan miosin seperti pada otot.
  • Tahap terakhir adalah telofase. Pada tahap ini membran nukleus terbentuk kembali, membran ini membungkus 46 kromosom tadi. Proses ini melibatkan pembentukan cincin kontraktil mikrofilamen yang terdiri dari aktin dan miosin. Kemudian kedua kutub terpisah secara sempurna menjadi dua sel anakan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s