VENTRICULAR SEPTAL DEFECT

Defek septum ventrikular dapat terjadi sebagai defek terisolasi atau menyertai kombinasi anomali tertentu. VSD menyebabkan darah mengalir dari ventrikel kiri ke ventrikel kanan. Infant yang lahir dengan VSD dapat memiliki satu lubang atau lebih dari satu . VSD diklasifikasikan berdasarkan:

  • Ukuran defek
  • Lokasi defek
  • Jumlah defek
  • Adanya aneurysma sptum ventrikuler

VSD dapat  kecil atau besar. VSD yang kecil tidak menimbuklkan masalah dan seringkali menutup dengan sendirinya. Karena VSD kecil hanya menyebabkan pirau yang kecil, maka seringkali juga disebut VSD restriktif. VSD kecil tidak menimbulkan gejala apapun. VSD medium kemungkinan untuk menutup dengan sendirinya lebih kecil. Dan mungkin menimbulkan gejala saat bayi dan kanak-kanak. Pembedahan untuk menutup defek mungkin dibutuhkan.  VSD yang besar menyebabkan pirau kiri ke kanan yang besar. Sering disebut juga VSD nonrestriktif. VSD yang besar sangat kecil kemungkinannya untuk menutup sendiri, tetapi dapat mengecil seiring dengan waktu. VSD yang besarsering menimbulkan gejala pada bayi  dan anak-anak, dan pembedahan biasa dibutuhkan untuk menutup defek.

VSD dapat ditemukan pada tempat yang berbeda-beda:

  • VSD membranous terletak dekat dengan valva jantung. VSD dapat menutup setiap saat
  • Muscular VSD ditemukan pada bagian bawah septum. Kebanyakan menutup pada masa anak-anak
  • VSD inlet terletak pada tempat dimana darah memasuki ventrikel. Tipe ini lebih jarang ditemui dibanding membranous atau muscular.
  • VSD outlet ditemukan pada bagian ventrikel dimana darah meninggalkan jantung. Merupakan tipe yang paling jarang terjadi

Biasanya defek pada ventrikel hanya satu lubang dan berada pada bagian membranous dari septum ventrikuler. Gangguan fungsional tergantung pada ukuran dan status pulmonary vascular bed. Hanya VSD kecil atau medium yang biasanya dapat dilihat pada orang dewasa karena kebanyakan pasien dengan defek besar melakukan operrasi pada awal kehidupan

Banyak kemungkinan yang dapat terjadi pada VSD mulai dari menutup sendiri  sampai gagal jantung kongestif dan kematian pada infant. Dapat terjadi polmunary vascular obstruction, RV outflow tract obstruction, regurgitasi aorta, dan infective endocarditis. Penutupan spontan sering dijumpai pada pasien dengan VSD kecil dan kebanyakan terjadi pada masa anak-anak.

 

Pasien dengan VSD besar dan hipertensi pulmonal merupakan kelompok paling beresiko mengalami pulmonary vascular obstruction. Sehingga VSD yang besar perlu dikoreksi lebih cepat sebelum terjadi pulmonary vascular disease yang reversibel (Eisenmenger Syndrome), gejala pada orang dewasa terdiri dari exertional dispneu, nyeri dada, sincope, dan hemoptisis. Pirau kanan ke kiri menyebabkan sianosis, clubbing finger, dan eritrositosis. Pada semua pasien  pulmonary vascular resistance merupakan hal penting untuk menentukan prognosis. Jika pulmonary vascular resistance sekitar 1/3 atau kurang jika dibandingkan dengan komponen sistemik, progresi berkembangnya pulmonary vascular disease setelah operasi kecil. Tetapi pada VSD medium sampai besar dengan kenaikan pulmonary vascular resistance preoperatif maka progresi berlangsungnya pulmonary vascular disease tetap berlanjut postoperatif.

 

TANDA DAN GEJALA

Murmur biasanya muncul pada VSD dan mungkin merupakan tanda pertama yang dapat ditemukan. Murmur terjadi segera setelah kelahiran pada banyak infant. Murmur mungkin tidak dapat didengar sampai bayi berusia 6-8 minggu.

Bayi yang memiliki VSD medium dan besar dapat menimbulkan gejala gagal jantung, Tanda dan gejala gagal jantung biasanya terjadi pada bayi (2 bulan pertama dalam hidup).

Tanda mayor  gagal jantung pada infant adalah difficulty feeding dan poor growth. Tanda dan gejala VSD jarang terjadi setelah masa infant karena defek biasanya mengecil sendiri atau telah dikoreksi

 

PEMERIKSAAN FISIK

Murmur holosistolik dan thrill sistolik pada linea sternalis kiri. Splitting S2 melebar bahkan saat ekspirasi, S3 ; diastolic flow murmur pada katup mitral.

 

PEMERIKSAAN PENUNJANG

EKG

Normal pada defek kecil. Pirau besar yang menghasilkan pembesaran LA dan LV.

CXR

Pembesaran arteri pulmonal, pembesaran LA dan LV, dengan peningkatan pulmonary vascular markings

ECHOCARDIOGRAM

Pembesaran LA dan LV; defek dapat terlihat secara langsung. Color doppler daapat memberikan gambaran darah yang melewati defek

 

Tatalaksana Ventricular Septal Defect

Pada VSD kecil dan tanpa gejala gagal jantung dilakukan monitoring dan observasi. Checkup reguler dan tes untuk melihat apakah defek menutup atau mengecil. Lebih dari setengah VSD menutup pada anak anak.  Checkup bervariasi mulai dari satu bulan sekali sampai dua tahun sekali.

Saat dirasa pentupan VSD diperlukan maka dilakukan pemberian nutrisi ekstra dan pembedahan untuk menutup VSD. Dokter merekomendasikan pembedahan berdasarkan pertimbangan:

  • besarnya
  • gejala
  • ukuran medium dengan pembesaran ruang
  • mengenai katup aorta
  • PF:SF >1.5-1, tanpa adanya  pulmonary vascular resistance yang sangat tinggi

Nutrisi ekstra

Beberapa infant dengan VSD tidak tumbuh dan berkembang seperti seharusnya. Infant tersebut biasanya:

  • memiliki VSD besar
  • lahir prematur
  • poor feeding

dapat dilakukan pemberian formula bernutrisi tinggi. Dalam beberapa kasus diperlukan pemasangan nasogastric tube feeding.

Pembedahan

Kebanyakan dokter merekomendasikan pembedahan pada VSD yang menyebabkan gejala atau tidak menutuo saat berusia 1 tahun.  Pembedahan dibutuhkan lebih cepat jika:

  • berat badan bayi tidak naik
  • diperlukan campur tangan obat-obatan untuk mengatasi gejala gagal jantung

VSD ukuran medium yang menyebabkan pembesaran ruang jantung  dilakukan koreksi setelah infancy. Kebanyakan VSD dikoreksi pada tahun pertama

2 thoughts on “VENTRICULAR SEPTAL DEFECT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s